Step by Step Pembuatan Studio Mini dan Softbox Lighting untuk penggunaan rumahan.

Bookmark and Share
Banyak banget teman - teman yang dari luar Jakarta menanyakan, kapan produk studio mini dan softbox lighting bisa dikirim ke kota mereka. Pernah coba versi knockdwon, meja bongkar pasang, tapi..aduuh jatuhnya mahal sekali ditambah ongkos kirim. Akhirnya, punya niat deh untuk sharing cara pembuatan studio mini ini. karena ternyata buku asli petunjuk pembuatannya terbitan Komputer Aktif itu, tidak beredar lagi, jadi sulit ditemui di pasaran.

Berikut ini Step by Step Pembuatan Studio Mini dan Softbox Lighting untuk penggunaan rumahan.
  • Studio Mini
Bahan: 1 kardus tv ukuran 50x50x50 cm (bisa lain ukuran), 5 lembar karton manila, 1 lembar karton duplek.
Alat : Pulpen, Cutter, Lem Aica Aibon, lem Fox putih, penggaris.


Cara pembuatan
1. Buat kardus membentuk kotak sesuai lipatan. Lem dengan Aica Aibon. Tips: tunggu lem hingga setengah kering lalu rekatkan, lem yang masih basah membuatnya tidak langsung lengket.
Sisi yang di lem akan menjadi sisi atas dan bawah dari kotak studio.


2. Pada sisi atas, ukur masing - masing sisi 2 cm dari tepi, untuk memberi panduan pada pemotongan berikutnya.


3. Potong kardus sesuai panduan dengan menggunakan cutter. Gunakan penggaris yang panjang. (atau alat pengganti: aku pakai rel korden tak terpakai..hehhee)


4. Setelah dipotong, sisi depan kotak studio akan berlubang kotak seperti foto di bawah ini.


5. Pada sisi belakang (sisi seberang dari sisi yang sudah berlubang) lakukan hal yang sama, namun untuk bagian atas, jangan sampai terputus. 


6. Pada bagian dalam sisi bawah dan atas kotak, jika masih ada bagian yang tidak rata, tambal dengan sisa kardus bekas potongan.


7. Ratakan lem fox putih pada semua sisi bagian dalam, lalu tempelkan karton manila yang sebelumnya sudah di ukur sesuai lebar sisi kotak.





8. Buat panduan lubang pada sisi samping kotak dengan mengukur lingkar terluar corong lampu belajar. Lalu potong dengan cutter namun jagan sampai terputus. Cukup sampai memungkinkan untuk memasukkan corong lampu belajar ke dalam lubang. Lakukan pada kedua sisi samping.



9. Pada sisi atas kotak,ukur 2 cm dari tepi luar, buat celah selebar 5mm, sepanjang sisi kotak. Celah ini untuk memasukkan karton duplek yang akan dipakai sebagai background, celah ini memungkinkan kita untuk mengganti - ganti warna bakground.



10. Masukkan karton duplek yang telah disesuaikan lebarnya sama dengan lebar kotak studio.



11. Dan jadilah studio mini ini. ehmmm.

  • Softbox Lighting
  • Bahan : 2 lembar styrofoam ukuran 40x60cm, lampu belajar bercorong, 1 lembar kertas kalkir
    Alat: Cutter, Lem khusus styrofoam, solasi kertas, gunting, lidi  batang.
    cara membuat:
  1. Buat garis membagi 4 pada 1 lembar styrofoam. Ukuran maisng - masing kotak menjadi: 20x30 cm.

2. Pada sisi 30 cm,tandai titik tengah, lalu tarik titik masing - masing 10 cm ke arah tepi luar. Pada sisi yang berseberangan, tarik garis ke arah titik yang sebelumnya telah ditandai. hingga membantuk trapesium sama sisi seperti di foto. Sisi pendek ukuran 20 cm, sisi yang sejajar selebar 30 cm.


3. lakukan hal yang sama untuk sisa styrofoam yang lain, jadi, kita mendapatkan 4 styrofoam berbentuk trapesium.


4. Rangkai ke empat sisi styrofoam ini, lem menggunakan lem khusus styrofoam, kaitkan lidi untuk memperkuat ikatan antar masing - masing sisi. Rangkaian ke empat sisi styrofoam ini akan membentuk corong yang berlubang.



5. Ukur sisi lubang corong yang lebih kecil. Potong styrofoam sesuai ukuran, lalu dengan menggunakan lingkar terluar corong lampu belajar ukur lingkarannya. Setelah itu potong sesuai pola yang dibuat.



6. Rekatkan pada corong dnegna menggunakan lem khusus styrofoam dibantu dengan lidi untuk memperkuatnya.


7. Maukkan corong lampu belajar ke dalam lubang lingkaran yang telah dibuat sebelumnya. Rekatkan dengan bantuan solasi kertas. Pada sisi dalamnya juga direkatkan, lalu pasang bola lampu.



8. Ukur kertas kalkir sesuai dengan lebar sisi luar corong.Llalu rekatkan dengan lem styrofoam dan solasi kertas. Jika suatu saat bola lampu padam, kertas kalkir ini bisa dibuka kmebali.



CARA PENGGUNAAN.

Atur studio mini di atas bidang datar. Pasang 2 lampu belajar masuk melalu lubang samping. letakkan softbox lighting dari arah depan studio mini.


hasil Fotonya:




Gimana? Nggak kalah kan dengan foto - foto di majalah. hehheeh. *memuji diri sendiri.

Mudah kan membuatnya?
Semoga bermanfaat yaaaa... 

Peringatan: hati - hati ketagihan motret.. klik..jepreettss!!

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar